Masyarakat Lubuk Besar Terima 823 Persil Sertifikat Tanah

Lubuk Pabrik – Masyarakat di wilayah Kecamatan Lubuk Besar menerima 823 persil sertifikat tanah hak milik yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah, jum’at (05/08).

Penerbitan sertifikat tersebut dilakukan melalui kegiatan Program Nasional (Prona), Program Daerah (Proda), Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Program sertifikat tanah hak milik bagi usaha budidaya ikan serta program Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan dan Usaha Penangkapan Ikan.

Penyerahan dilakukan secara bersama secara simbolis oleh Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah Asnaedi di Dusun Magelang Desa Lubuk Pabrik Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah.

Asnaedi mengemukakan baru sekitar 30 persen bidang tanah di Bangka Tengah yang mengantongi sertifikat sedangkan dulunya untuk di Kecamatan Lubuk Besar belum mencapai 1 persen.

"Baru 30 persen bidang tanah yang bersertifikat karena masyarakat belum terlalu menikmati manfaat dari surat berharga tersebut, sehingga prioritas penerbitan sertifikat saat ini untuk wilayah perdesaan," kata Asnaedi.

Sementara Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman dalam sambutannya mengatakan untuk pembuatan sertifikat tersebut di Bangka Tengah tidak dipungut biaya atau gratis karena semuanya ditanggung pemerintah.

"Bangka Tengah adalah salah satu daerah dalam pembuatan sertifikat tanah tidak dipungut biaya atau gratis sejak dua tahun terakhir, masyarakat dibebaskan bea perolehan hak atas tanah atau BPHTB karena sudah ditanggung pemerintah daerah sebagai upaya meringankan beban masyarakat, “ ujar Ezaldi Rosman.

Sehingga harapan Bupati agar masyarakat Kecamatan Lubuk Besar yang telah menerima sertifikat tersebut dapat menjaga dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

“Jangan biarkan sertifikat disimpan ditempat yang tidak aman dan juga tidak diserahkan kepemilikannya kepada orang lain tanpa tanda terima, “ harap Ezaldi Rosman.

“Manfaatkan dengan sebaik-baiknya, apabila digunakan sebagai jaminan peminjaman modal maka harus secara teliti dan cermat, “ pesan Ezaldi Rosman.

Penyerahan sertifikat tanah hak milik di Wilayah Kecamatan Lubuk Besar ini disaksikan oleh masyarakat Dusun Magelang Desa Lubuk Pabrik serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah yang pada saat bersamaan akan melakukan gotong-royong kebangsaan di daerah tersebut.

Dari 823 persil yang diterbitkan, masyarakat Desa Lubuk Besar menerima 289 persil sertifikat melalui kegiatan Prona, 86 persil kegiatan Proda dan 1 persil kegiatan budidaya ikan.

Untuk jumlah sertifikat yang diterbitkan di desa lainnya wilayah Kecamatan Lubuk 
Besar yaitu :

  • Desa Lubuk Lingkuk : 112 persil Prona dan 46 persil Proda
  • Desa Perlang : 147 persil Prona
  • Desa Trubus : 90 persil Prona dan 12 persil Proda
  • Desa Lubuk Pabrik : 15 persil Prona
  • Desa Kulur Ilir : 13 persil Proda
  • Desa Batu Beriga : 7 persil Prona dan 5 persil Nelayan Tangkap

Link : http://www.bangkatengahkab.go.id/berita/berita-kominfo/3089-masyarakat-l...

Sumber: 
Kominfo Bangka Tengah
Penulis: 
Agustiar
Fotografer: 
Septian
Editor: 
Agustiar
Bidang Informasi: 
Pemdes